Kontak Pengaduan : 082362083860

Medan- Dokter dan perawat Rutan perempuan Medan mengikuti pelatihan SITB yang dilakukan secara daring. Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit menular di UPT Pemasyarakatan yang merupakan salah satu target Resolusi Pemasyarakatan di tahun 2020, Dirjenpas bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan WHO menyelenggarakan Workshop Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Tuberkolosis (SITB) secara virtual pada 14-24 September 2020. Dimana sejak 1 Januari 2020, terdapat transisi sistem pelaporan pada program TB dari Sistem Informasi Tuberkolosis Terpadu (SITT) menjadi Sistem Informasi Tuberkolosis (SITB).

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM bersama dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan secara bertahap mengimplementasikan Program Pengendalian TB di UPT PAS.

Peserta kegiatan ialah petugas pencatatan dan pelaporan TB di UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia, pengelola program TB tingkat provinsi, serta perwakilan Dirjenpas dan Pusat, yang terbagi menjadi 8 batch.

Yekti Apriyanti mengharapkan dengan adanya kegiatan workshop virtual ini, para dokter dan perawat memahami fitur-fitur di SITB dan dapat mengimplementasikan pengisian data secara rutin dan benar di SITB serta mengoptimalkan penggunaan aplikasi SITB sehingga mendapatkan data temuan kasus TB yang valid dari UPT Pemasyarakatan.